Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengingatkan Jadwal Solat dan Arah Kiblat

Solat merupakan sebuah ibadah umat muslim kepada Rabb-Nya yang telah dituntun oleh Rasululllah. Hingga saat ini solat wajib telah ditetapkan 5 waktu yaitu subuh, dzuhur, ashar, magrib, isya. Adanya perintah solat dari Allah SWT ketika Rasulullah mengalami peristiwa Isra Mi`raj yang berawal diperintahkan 50 waktu dalam sehari. Namun, Rasulullah ditahan oleh Nabi Musa As untuk menegosiasi lebih diringankan lagi karena alasan umat Rasulullah tidak akan sanggup.


Hingga terjadilah tawar menawar Rasulullah terhadap Allah SWT atas usul Nabi Musa As, Maka ditetapkan solat menjadi 5 waktu saja. Walaupun salat 5 waktu saja tetapi pahalanya sama dengan salat 50 waktu.

Pada era modern saat ini, saya akan memberitahukan kepada Anda beberapa rekomendasi aplikasi pengingat jadwal Solat kita tetap terjaga sekalipun sering berpindah tempat yang otomatis berubah waktu. Setelah saya menginstal aplikasi tersebut memang sangat berguna untuk dipakai. Untuk selengkapnya silahkan untuk simak dibawah ini.

1. Muslim Pro: Waktu Sholat, Adzan, Quran, Kiblat





Aplikasi yang saya rekomendasikan untuk pengingat solat yaitu Muslim Pro. Karena dari segi fitur memang sangat lengkap dan juga terdapat Alquran beserta terjemaahnya. Oleh sebab itu Muslim Pro dibilang cukup lengkap untuk digunakan.

Diakui oleh lebih dari 50 juta Muslim di seluruh dunia sebagai aplikasi pengingat waktu sholat dan adzan terakurat, Muslim Pro juga memiliki fitur Al-Qur'an bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio. Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur penunjuk arah Kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal, Masjid, dan lainnya.

Fitur Utama :


  • Waktu sholat akurat, dihitung berdasarkan lokasi Anda saat ini dengan beberapa pengaturan (sudut) yang tersedia
  • Adzan: Pemberitahuan visual dan audio untuk panggilan sholat dengan beberapa suara muadzin yang dapat dipilih
  • Waktu berpuasa (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadan
  • Al-Qur'an dengan resitasi audio (mp3), fonetik, dan terjemahan
  • Tajwid berwarna guna membantu Anda menyempurnakan pelafalan saat membaca Qur'an
  • Komunitas: Bergabunglah dalam komunitas dan saling mendoakan.
  • "Tasbih" digital untuk menghitung zikir Anda.
  • Lokasi rumah makan halal dan masjid di sekitar Anda
  • Animasi kompas Kiblat dan peta untuk menunjukkan arah Mekkah
  • Kalender Hijriyah lengkap untuk memperkirakan tanggal hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha
  • 99 nama Allah SWT
  • Kartu ucapan Islami yang indah (Idul Fitri, Ramadan, dll...)
  • Hisn'ul Muslim (Perisai seorang Muslim): kumpulan doa dan permohonan

2. Muslim: Waktu Sholat, Quran, Kiblat, Zikir, Duha




Sekilas mirip dengan aplikasi sebelumnya. Namun, perlu Anda ketahui dari aplikasi ini berbeda developer dan juga dalam segi tampilan. Bisa diperhatikan pada aplikasi Muslim ini tampak awal dengan jadwal solat lima waktu yang sudah terintegrasi sesuai berbagai daerah.

Aplikasi Muslim Asistant 100% Kiblat & Sholat membantu muslim untuk menemukan arah kiblat dan melihat waktu sholat di seluruh dunia. Arah Ka’bah di Mekah ditunjuk dengan panah pada peta sehingga Anda bisa menyesuaikan arah sebelum mulai sholat.

Aplikasi mengatur waktu sholat sesuai dengan lokasi kota dan negara Anda secara otomatis. Anda tidak perlu khawatir ketinggalan waktu sholat dengan bantuan alarm Azan dan tampilan waktu sholat berikutnya. Ada juga untuk tampilan menggunakan Aplikasi Keyboard Android Keren bisa digunakan untuk Anda.

Untuk kelebihan dari aplikasi ini memang dari tampilan arah kiblat yang melibatkan peta digital yang Anda dapat lihat secara langsung. Jadi, memang kalau Anda menginginkan dengan arah kibat disertai peta digital. Anda bisa aplikasi ini sebagai rujukan.