Cara Uploud dan Membagikan File Google Drive Kepada Orang Lain Secara Publik

Google drive merupakan sebuah layanan media penyimpanan yang didirikan oleh Google.inc. Membuat akun google drive ini memang tidak perlu anda ribet hanya perlu sebuah akun email google saja.

Karen email google sudah termasuk bisa mengakses email,blogger,youtube,drive,maupun produk google lainnya. Oleh karena itu media penyimpanan online ini sangat bermanfaat bagi penggunanya untuk bisa saling berbagi file walaupun tidak berinteraksi secara langsung.

Anda hanya memerlukan sebuah koneksi dimana file akan tersimpan kedalam server milik google. Namun penyimpanan ini tidak bisa anda secara leluasa atau sebebas mungkin menyimpan file didalam drive google, Dengan alasan google telah membatasi setiap email memiliki ruang kapasitas 15GB saja. 

File macam apapun bisa anda simpan didalam drive google ini, Terlebih anda berkecimpungan dengan pekerjaan dengan dokumen diwajibkan mempunyai sebuah drive online dimana anda bisa bertisipasi sewaktu hardsik laptop anda bermasalah.

Baik, Pada kali ini saya akan membagikan sebuah tips bagaimana cara membagikan sebuah file dokumen, folder sekalipun berada drive google dan bisa di akses oleh orang lain.

1. Uploud File Anda Kedalam Google Drive

Silahkan buka situs Google Drive dengan url berikut drive.google.com dan masuk dengan email google anda.

Bila pertama kali anda menggunakan skip saja slide seperti dibawah ini


Setelah pada tampilan utama Google Drive, kita akan Uploud dengan memilih menu New 



Pilih menu Uploud File

Siapkan file anda yang akan di uploud dengan mencari dari drive penyimpanan laptop anda

Sesudah memilih file, Lanjut Open Anda menunggu beberapa saat untuk bisa teruploud kedalam google drive. Jika file anda besar semakin lama pula untuk menunggu.

2. Cara Membagikan File Google Drive

Hal ini sangat dinantikan, Bagaimana cara membagika file kita didalam google drive untuk bisa di akses orang lain ? Untuk caranya simak langkah dibawah ini:

Setelah file anda berada di Drive Google, Silahkan untuk Klik kanan pada filenya pilih Share




 Pilih Advance atau Lanjutan untuk mengubah mode privacy ke public



Jangan copy link pada menu atas, Anda pilih pada mode Privacy untuk merubah atau Change



Anda dapat memilih menu yang disediakan antara Privacy, Anyone, Atau Public. Pilih Public saja karena anda bertujuan untuk membagikan file secara umum. Namun bila hanya untuk teman silahkan mode Anyone. 



Jika selesai, pilih menu Done



Untuk mendapatkan link file tersebut, Klik kanan kembali pada filenya lalu pilih Get Shareable Link 



Copy url dan siap digunakan atau untuk diakses


Demikian saja tutorial singkat mengenai Cara Uploud dan Share File Google Drive Untuk Publik. Jika anda merasa terbantu dengan artikel ini mohon untuk di share kepada orang yang membutuhkan. Semoga bermanfaat