Cara Membuat Akun Webmaster Tool BING Terhubung Dengan BLOG

Membuat akun webmaster tools memang sangat penting bagi kita sebagai publisher blogger, setelah mengenali google webmaster tools yang dapat mempermudah mengenali situs kita di mesin pencari yang akan lebih cepat muncul ketimbang tidak menggunakan webmaster.

Membuat akun webmaster tools memang sangat penting bagi kita sebagai publisher blogger, setelah mengenali google webmaster tools yang dapat mempermudah mengenali situs kita di mesin pencari yang akan lebih cepat muncul ketimbang tidak menggunakan webmaster.

Search engine tidak hanya google saja yang populer, tetapi kita harus memperhatikan mesin pencari lainnya yang merupakan produk microsoft yaitu search engine bing. Kita juga harus memperkenalkan situs kita ke mesin pencari bing. Bing adalah search engine atau situs mesin pencari web yang merupakan gabungan dari tiga search engine terdahulu yaitu Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Bing berada dibawah kendali perusahaan raksasa teknologi Microsoft dan diperkenalkan sejak Mei 2009.

Memang bing kalah bersaing dengan google, Namun tidak ada salahnya kita memanfaatkan webmaster tools yang dimiliki mesin pencari bing. Sehingga situs kita tidak hanya dikenali oleh mesin pencari google tetapi dapat juga lebih dikenali oleh bing yang menambah peluang mendapatkan banyak pengunjung ke halaman kita.

Sebelum membuat akun webmater tools bing anda harus melakukan pendaftaran membuat akun microsoft dengan Outlook atau hotmail. Karena ini merupakan syarat paling utama seperti halnya kita membuat akun webmaster google.

#Langkah Pertama Membuat Akun Webmaster Tools Bing

Silahkan buka halaman webmaster tool bing https://www.bing.com/toolbox/webmaster/?lc=1033
Setelah itu Sign In dengan akun outlook anda, jika belum mempunyai silahkan melakukan pendaftaran akun email outlook.

Bila anda sudah melakukan Sign In, Bing memiliki tampilan berikut ini tugas anda hanya memasukan URL situs anda ke webmaster tools bing seperti halnya dalam webmaster goolge.

Jika sudah memasukan alamat url sitenya, Maka anda harus mengisi seperti pendaftaran email yang cukup mudah, tetapi anda bila kebingungan untuk memasukan form bertulis add a sitemap anda cukup memasukan seperti dalam webmaster google.

http://www.example.com/sitemap.xml

Untuk selebihnya hanya memasukan nama, region, nomor, kode pos dan beberapa yang harus diceklist. Lalu pilih Save



#Langkah Kedua Verifikasi Webmaster Tools Bing Agar Terhubung dengan Blog Anda

Langkah ini sangat penting agar halaman blog anda terhubung dengan search engine webmaster tools bing. Ada beberapa langkah cara yang harus dilakukan tetapi memilih satu cara saja seperti halnya cara memverifikasi akun webmaster tools google yang hanya menaruhkan kode skript kedalam template kita.

Salin kode yang telah disediakan oleh bing, dan anda harus menaruhkan kode tersebut di bawah kode <head> sebelum </head>


Penempatan seperti gambar dibawah ini :

Jika anda sudah melakukan step by step dengan benar, maka anda akan diarahkan ke halaman utama webmaster tools bing, seperti berikut ini

Alhamdulilah kita sudah bisa membuat akun webmaster tools bing, untuk selebihnya dalam mengatur webmaster bing mungkin (artikel selanjutnya yang akan membahasnya) tenang saja insya allah akan update secepatnya, begitulah tutorial singkat dari saya semoga bermanfaat. Selamat mencoba!