Cara BLOG Terdaftar dan Lebih dikenali Search Engine Google



Cara BLOG Terdaftar dan Lebih dikenali Search Engine Google - Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan segenlntir informasi yang mungkin akan bermanfaat bagi para pembaca. Padahal saya sudah membahas minggu lalu tentang cara agar judul postingan cepat di index oleh google. 

Namun, saya akan memberitahukan informasi lengkapnya kepada anda semua dengan judul mengenai cara blog terdaftar cepat di mesin pencarian google dengan maksud tujuan menguji dan agar artikel anda cepat masuk di pencarial google.

Tidak perlu ditanyakan lagi search engine yang sangat populer dari semua kalangan pasti memandang mesin pencari google, dengan orang indonesia memberikan julukan Mbah Google. Yaaelahh, jadi sampai kalangan lansia bila ingin menemukan sebuah informasi berasal dari internet pasti selalu ada dengan terdaftar di mesin pencari.

Wajar saja bila google di alexa rank menempati peringkat satu didunia hingga sekarang. Nah, kepopuleran mesin pencari google yang dimanfaatkan oleh pengguna untuk mencari sebuah informasi , tetapi juga dimanfaatkan oleh para pembuat blog atau juga pembuat situs untuk mempopulerkan blog mereka di pandangan masyarakat dan google.

Langkah dengan cara bagaimana mengupayakan agar blognya lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari ketika orang mencari artikel yang dimaksud, dengan cara yaitu yang tadi cara mendaftarkan blognya ke search engine.

Nah, sempat pada artikel lalu telah membahas dan membongkar rahasia bagaimana cara artikel lebih cepat dikenali oleh mesin pencari, tujuan artikel yang saya buat ini lebih mendetailkan cara mempercepat blog anda lebih dikenali oleh mesin pencari baik dari google, bing, yahoo dan lainnya.

Untuk blog yang berpengalaman memang sudah tidak asing lagi dengan apa yang dilakukan bahkan tidak akan dilewatkan dengan cara ini, adalah hal aktifitas yang rutin ketika sudah menerbitkan sebuah artikel. Biasanya yang mereka lakukan adalah dengan mengenalkan atau mendaftarkan artikel ke mesin pencari dengan hasil cukup membantu muncul di mesin pencarian.

Namun ada masih ada yang belum mengenali bagi blogger pemula atau bisa dikatakan masih baru tentang dunia blogger. Ada juga banyak blogger yang tumbang atau putus ada dikarenakan blog mereka tidak muncul di mesin pencari. Hal ini menjadi sangat penting bagi saya untuk menyampaikan segelintir ilmu yang bisa bermafaat dalam hal cara mendaftarkan blog anda supaya bisa lebih dikenali oleh google.

Cara Submit Blog Kepada Search Engine Google Agar Mudah Ditemukan

Mendaftarkan atau mengenalkan  blog ke mesin pencari google dengan cara sederhana saja. Bila blog anda ingin dikenali oleh google pada setiap artikel yang terdapat pada isi blog yang lebih cepat terindex oleh mesin pencari dengan mengambil dari kata kunci yang relevan dari judul yang terdapat pada blog tersebut.

Jika anda menggunakan platform blogspot atau wordpress maupun menggunakan domain khusus yang ingin memasukan blognya ke masin pencari supaya artikel anda muncul setiap orang mencari kata kunci yang anda telah terbitkan. Langkah-langkah yang harus dilakukan seperti dibawah ini:

1. Daftarkan Blog dengan Webmaster Tools

Jika anda berniat untuk mempopulerkan sebuah blog tidak cukup hanya membagikan ke media sosial. Namun dengan cara ini bisa mempengaruhi kepopularitas blog anda di mesin pencari dengan mendaftarkan blog anda ke webmaster tools adalah hal yang sangat wajib bila anda seorang blogger.

Baca Juga : Cara Mendaftakan Blog Terhubung Webmaster Tools Bing

Goolge Webmaster Tool atau yang sekarang dikenal dengan google search console merupakan sebuah tools greeetongan alias gratis dengan berbasis web ini sebuah produk dari google untuk membantu memonitor kinerja situs atau blog yang kita miliki.

Toos satu ini memberikan informasi bagaimana cara blog kita dapat berinteraksi dengan google bot terhadap halaman situ web. Sehingga dari informasi yang disampaikan oleh webmaster tools ini untuk bisa meningkatkan kinerja blog menjadi lebih baik lagi dari pandangan google maupun pengunjung.

Selain itu dengan mendaftarkan blog anda dengan webmaster google, secara tidak langsung anda telah mengenalkan alamat blog anda ke mesin pencari google. Bahwa ada informasi alamat url baru yang mereka harus di index untuk di segera di munculkan ke mesin pencarian google.

2. Mensubmit Peta Situs atau Sitemap di Google Webmaster Tools

Untuk mendaftarkan blog anda ke webmaster tools tidaklah cukup untuk proses memunculkan sebuah blog pada mesin pencari google. Langkah selanjutnya jika anda sudah mempunyai akun webmaster tools. Anda tinggal melakukan mensbumit sebuah sitemap atau juga bisa disebut mengenalkan isi dari blog anda untuk di optimasi oleh mesin pencari.

Submit sitemap ke google webmaster tool memang sangat berpengaruh dalam terindex sebuah halaman blog terutama artikel anda yang sudah diterbitkan. Jangan lupa untuk submit artikel baru anda ke webmaster tools untuk bisa segera memunculkan sebuah artikel anda di mesin pencarian google.

Untuk anda ingin mengetahui bagaimana sih cara submit artikel itu ? Baik, saya jelaskan dengan singkat seperti langkah berikut ini.

a. Anda tidak perlu repot untuk login ke webmaster tools namun bisa buka url berikut https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?pli=1  

b. Pada form kotak yang telah disediakan silahkan anda tingga memasukan link artikel yang sudah diterbitkan.



 Centang "Saya Buka Robot" , lalu tekan kirim permintaan.

Pertanyaan, Laaah Kenapa Artikel Saya Tidak Muncul Di Mesin Pencarian ? 

Jika anda telah mendaftarkan blog anda dengan webmaster tool merupakan hal yang sangat tepat untuk bisa lebih cepat terindex oleh mesin pencari.
Tapi kenapa ya mas oga, artikel saya tetep saja tidak muncul di pencarian google ?
Hal yang harus dikatahui jika anda telah melakukan hal langkah seperti diatas, anda mencari tetapi tidak menemukannya. Itu berarti bukan blog anda tidak dikenali atau belum terindex oleh mesin pencari. Namun harus ingat bahwa postingan anda kalah bersaing dengan artikel pendahulu yang sudah populer.

Memastikan untuk blog anda sudah terindex atau dikenali oleh google, silahkan anda mencoba dengan cara khsusu untuk menemukannya di pencarian google dengan cara :
site:alamat_url_blog_anda
 Contoh penulisan
site:www.masoga.net

Dengan format diatas anda dapat melihat judul judul yang terdaftar oleh mesin pencari yang dapat ditemukan oleh semua orang dari mencari kata kunci yang berkaitan dengan artikel anda telah di terbitkan. Artinya bila muncul artikel anda bisa dikatakn sudah dikenali dan terindex oleh mesin pencari google.

Jangan heran bila artikel anda tidak muncul di mesin pencarian google, itu bukan berarti blog dan artikel anda tidak dikenali oleh google. Namun kemungkinan artikel anda kalah bersaing dengan artikel lainnya dan tidka muncul di halaman pertama google.